Edmodo : Situs Pembelajaran Berbasis Jejaring Sosial

PendapatSemua - Hallo pembaca, maaf nih admin tidak bisa memenuhi permintaan pembaca mengenai sejarah lengkap VPS. Admin mohon maaf sekali lagi kepada pembaca, alasannya bukan admin males nyari namun sangat minim informasi mengenai VPS ini. Oh ya, jika pembaca menemukan banyak informasi mengenai VPS bisa langsung contact admin di dan isi persyaratan di contact us. Nanti akan admin kasih credit atau hak cipta pembaca.

Oke, sebagai gantinya admin akan membahas mengenai website Edmodo. Apa itu Edmodo? Eits.... Nanti dulu, pembaca yang sudah memahami edmodo silahkan untuk di share-share supaya tambah ilmu dan untuk pembaca yang belum mengerti edmodo sama sekali silahkan baca postingan ini sampai selesai.

Pengertian Edmodo


Update Wallpaper on : 27/04/2019

Edmodo adalah sebuah website pembelajaran berbasis jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain. Namun bedanya edmodo ini hanyalah khusus pembelajaran untuk anak ataupun mahasiswa. Edmodo dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’hara pada akhir tahun 2008. Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Website Edmodo sendiri memiliki tampilan yang cukup menarik dan unik, bisa dilihat gambar diatas, website tersebut backgroudnya sudah terlihat seperti kelas pada umumnya dan ada seorang anak yang tersenyum. Pada bagian pojok kanan atas terdapat halaman login dan join grup (Penjelasannya nanti) dan bagian tengan sudah tertulis "Welcome to Edmodo" dan bagian bawah sudah tersedia untuk guru,murid dan orang tua.

Pada tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot - seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan. Edtech digest memberikan penghargaan untuk Edmodo Snapshot dalam Cool Tool Award sebagai Solusi Penilaian Terbaik. Perusahaan ini telah bermitra dengan dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk menyediakan akses ke konten pendidikan di Edmodo Platform dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris

Manfaat Edmodo


Edmodo memiliki manfaat tersendiri bagi penggunanya, pembaca bisa lihat manfaat edmodo dibawah ini :

  1. Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid 
  2. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya. 
  3. Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid. 
  4. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz. 
  5. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut 
  6. Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.


Kelebihan Edmodo
  • Edmodo sebagai sarana alternatif belajar mengejar di kelas dan edmodo juga dapat digunakan di luar kelas.
  • Edmodo memiliki fasilitas nilai untuk memberikan nilai kepada murid.
  • Ulangan/Soal yang diberikan oleh guru di dalam edmodo ini akan otomatis memiliki nilai dan akan terlihat jika murid selesai mengerjakannya
  • Terdapat Quiz bahasa inggris untuk mendapatkan poin dan menghasah otak.

Kekurang Edmodo
  • Edmodo adalah website e-learning sehingga rawan data yang dicuri oleh hacker.
  • Edmodo sendiri masih belum bisa menanampkan excel online ke dalam situsnya
  • Quiz yang terdapat di edmodo sangat susah dan hanya bisa dijawab oleh orang yang pintar.


Fitur-Fitur Edmodo

1. Polling

Poling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu

2. Gradebook
Fitur gradebook mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv.
Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
3. Quiz
Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru.
Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
4. File and Links
Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.
5. Library
Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.
6. Assignment
Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online.
Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
7. Award Badge
Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :
8. Parent Code
Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.

Akun-Akun Edmodo



Mohon maaf sekali lagi pembaca, karena keterbatasan kouta yang di tulis di dalam satu artikel ini, alangkah baiknya pembaca membuka salah satu penjelasan akun edmodo dari mulai akun guru,murid dan akun orang tua. Tapi tenang pembaca, pembaca tidak usah membuat akun guru,murid bahkan orang tua untuk melihat fitur apa saja yang dikasih oleh edmodo karena pembaca bisa lihat penjelasan lengkap tentang akun-akun edmodo mulai dari guru,murid hingga orang tua dibawah ini :



Akun-Akun Edmodo
No Daftar Akun Edmodo Kunjungi Status
1 Akun Khusus Guru Click Disini Completed
2 Akun Khusus Murid Click Disini Akan di Update tanggal 23 Juni 2017
3 Akun Khsusu Orang Tua Click Disini Akan di Update tanggal 26 Juni 2017


Alasan admin karena jika admin tulis di sini semua akan terasa berat, justru akan membuat pembaca marah karena lama menunggunya.

Oke, admin akhiri postingan tentang edmodo kali ini. Untuk pembaca yang ingin menambah informasi jika informasi di postingan ini kurang silahkan conact admin di laman contact us ya!!! Dituggu secepatnya. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.