Remote Desktop Protocol (RDP)

PendapatSemua - Bismillah, ini postingan pertama blog sekaligus pembuka bagi blog PendapatSemua. Pada postingan yang pertama ini, saya selaku admin akan membahas mengenai Remote Desktop Protcol atau biasa disebut RDP.

Sebelum ke penjelasan lebih lanjut, alangkah baiknya pembaca mengerti pengertian apa itu RDP!! Pembaca dapat melihat pengertian RDP dibawah ini.

Pengertian Remote Desktop Protocol (RDP)


Remote Desktop Protocol (RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft (Windows). Sistem operasi RDP bisa di katakan sangat sederhana. menampilkan Informasi grafis yang dihasilkan oleh server RDP dikonversi ke dalam bentuk format RDP lalu dikirimkan melalui jaringan ke terminal RDP, yang akan menginterpretasikan informasi yang terdapat dalam suatu paket protokol untuk merekonstruksi gambar (sesuai yang dikirimkan misal file,video dll) yang akan ditampilkan pada layar terminal .

Kesimpulanya, RDP bisa juga kita gunakan untuk mengendalikan komputer server yang kecepatan luar biasa tergantung dari langganan pembaca.

Sistem Operasi Support RDP


Untuk pertama kali dikenalkannya RDP. RDP sendiri sudah jelas didirikan oleh perusahaan ternama Sistem Operasi yakni Microsoft, jadi kesimpulannya RDP hanya support pada sistem operasi Windows saja. Namun pembaca tidak perlu khawatir!! Pembaca bisa saja menggunakan VPS (Alternatif RDP) untuk sistem operasi Linux/Unix.

Apa itu VPS? Next Artikel admin akan membahas mengenai VPS. Untuk kali ini kita akan fokus mengenai RDP saja.


Nanti di akhir postingan saya akan memberikan Q & A kepada pembaca mengenai RDP, jadi pembaca bisa melihat pertanyaan yang menurut pembaca yakin seperti itu. Sebelumnya yuk kita lihat kelebihan dan kekurangan RDP.

Kelebihan RDP

  • RDP memliki Akses Internet tercepat dari komputer biasa.
  • RDP memiliki IP Address sendiri.
  • RDP Cocok digunakan untuk Upload/Download
  • RDP Sangat bagus digunakan untuk Edit video,Encoding,Rendering dll
  • RDP juga cocok digunakan untuk memainkan Game berat seperti : GTA V, Far Cry, Outlast 4 dll.


Kekurangan RDP

  • RDP tidak gratis (Bayar) Gratis juga ada namun minim fasilitas.
  • Sebelum menggunakan RDP harus terkoneksi internet terlebih dahulu.
  • File yang berada di RDP harus di download ulang jika dikirimkan ke komputer.
  • RDP no Admin memiliki fasilitas Minimum.


Ya begitulah kira-kira Kelebihan dan Kekurangan RDP, selanjutnya pembaca pasti ingin tau perbedaan RDP No Admin dan RDP Full Admin!! Pembaca dapat melihat perbedaan RDP No Admin dan RDP Full Admin dibawah ini.

RDP No Admin biasanya digunakan untuk kalangan yang hanya membutuhkan akses internet cepat saja, biasanya juga dibutuhkan untuk kegiatan Upload/Reupload dan Download. Jarang sekali user RDP No Admin menggunakan RDPnya untuk kegiatan seperti Bot,Mining,Hacking dll.

RDP Full Admin biasanya digunakan untuk kalangan yang memerlukan VM (Virtual Machine) atau komputer di dalam komputer. RDP Full Admin ini sama seperti komputer pembaca, jadi intinya pembaca bisa berbuat apapun terhadap RDP Full Admin ini. Seperti Ganti Sistem Operasi dari Windows Server 2012 menjadi Windows 10 dan juga pembaca boleh menanam Bot,Mining dan lain-lain dengan RDP ini karena sudah jelas RDP ini khusus unutk Full Admin.

Kenapa Harus Menggunakan RDP?


Alasannya adalah hemat kouta :D jadi gini pembaca, khusus untuk pembaca yang hobinya re-upload video youtube ataupun upload/download video. Pembaca bisa menggunakan RDP untuk menghemat kouta pembaca. Contoh kasusnya begini :

Si Anton ingin mendownload file sebesar 40GB, kouta yang dimiliki Anton saat ini adalah 500MB. Sudah jelas Anton tidak akan bisa mendownload File 40GB. Namun Anton memiliki RDP di komputernya. Si Anton mencoba connect RDP dengan kouta 500MB tadi. Anton langsung download file 40GB tadi dan setelah selesai, si Anton cek koutanya lagi!! Apa yang dilihat Anton? Koutanya hanya berkurang 200MB saja!!


File 40GB = 200MB (RDP)

Cukup hemat bukan? Makanya buat pembaca untuk menggunakan RDP jika ada kegiatan upload/download.

Persiapan Sebelum Menggunakan RDP


Baiklah pembaca, persiapan yang harus dilakukan oleh pembaca sebelum menggunakan RDP adalah dengan melihat Spek Komputer pembaca, pastikan speak komputer pembaca cukup untuk menampung RDP.

Alasannya apa? Karena jika speak komputer pembaca tidak mendukung RDP yang pembaca beli, akan mengakibatkan komputer pembaca mengalami LAG saat menggunakan RDP meskipun koneksi internet lancar jaya makmur.



Oke cukup, penjelasan mengenai Remote Desktop Protocol (RDP). Postingan RDP ini masih bersambung!! Admin akan mencari informasi lebih lagi mengenai RDP!! Jadi pembaca nanti bisa lihat postingan terakhir akan selalu admin Update. Terima kasih sudah berkunjung untuk pertama kalinya!!!
Posting Lebih Baru
This is the last post.

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.