Bitcoin - Mata Uang Digital yang Berpengaruh di Internet

PendapatSemua - Hallo pembaca, terima kasih sudah mengunjungi blog PendapatSemua dan sebagai ucapan terima kasihnya maka Admin akan membuat postingan yang akan membahas mengenai Bitcoin secara lengkap.

Sekilas, Bitcoin itu merupakan mata uang namun dalam bentuk digital. Jadi bisa diartikan bahwa Bitcoin merupakan mata uang kebanyakan seperti Dollar, Rupiah dan lain-lain cuma ini bedanya adalah mata uang digital atau hanya bisa di cari lewat internet. Bagi pembaca yang belum mengerti tentang Bitcoin sepenuhnya, maka postingan ini bisa menambah wawasan pembaca mengenai Bitcoin. Admin mulai dari yang petama yaitu pengertian Bitcoin.

Pengertian Bitcoin



Menurut Wikipedia dan artikel yang telah admin baca. Bitcoin adalah mata uang digital yang menggunakan sistem desentralisasi, artinya tidak ada pihak yang dapat mengatur Bitcoin seperti mata uang lainnya (yang mana dapat diatur oleh bank sentral tiap negara). Tanpa perantara. Yang menjaga keabsahan data bitcoin, pihak penjual dan penerima bitcoin, semua dilakukan oleh komunitas bitcoin itu sendiri.

Bitcoin memiliki 2 kata yaitu Bit dan Coin, Bit sendiri merupakan satuan terkecil dari sebuah data dan Coin merupakan mata uang dalam bentuk logam. Nah jika di gabung maka artinya Bitcoin itu seperti mata uang logam dalam bentuk digital karena menyangkut sebuah data.

Perlu diketahui pembaca bahwa Bitcoin itu uang digital dan bukan uang fisik, gambar-gambar mengenai coin Bitcoin itu seperti halnya memberitahu pembaca bahwa bentuknya Bitcoin itu mirip ini. Namun kenyataanya Bitcoin hanyalah mata uang yang tidak memiliki wujud (Digital).


Sejarah Bitcoin


Sumber : http://apaitubitcoin.com/sejarah-bitcoin/ | https://bixbux.com/sejarah-bitcoin-dan-siapakah-satoshi-nakamoto/

Awalnya Bitcoin dimulai saat salah satu Cryptocurrency (Mata Uang Kripto) di ciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, sekaligus menjadi pelopor penggunaan teknologi blockchain pertama kali, serta penciptaan kode unik catatan transaksi yang bersifat kekal (tidak dapat diubah). Artinya, seluruh histori transaksi yang sudah tercatat pada Ledger Blockchain (buku besar blockchain) tidak dapat diubah sama sekali oleh siapapun di dunia ini.

Awal mula muncul, Bitcoin telah mengeluarkan 50 Bitcoin pertamanya didunia yang dihasilkan dari sitem atau dikenal dengan sebutan “Genesis Block”. Untuk mendapatkan Bitcoin ini dibutuhkan penambangan secara digital, setiap 10 menit atau lebih setelah itu Bitcoin baru bisa di distribusikan. Bitcoin sendiri merupakan satu dari implementasi pertama yang disebut Cryptocurrency.

Penambangan yang dimaksud adalah untuk memecahkan sandi Bitcoin itu sendiri dengan kekuatan VGA PC. Pembaca bisa melihat penjelasan di atas bahwa Bitcoin tercipta dengan kode Kripto yang sangat ketat dan tidak mudah di ubah oleh siapapun. Untuk itu penambangan dibutuhkan untuk mencari sandi-sandi Bitcoin.

Bitcoin menjadi populer di kalangan pengguna internet karena adanya kelompok kriptografer, yaitu kelompok yang membahas/meneliti penyandian(kriptografi). Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto merupakan anggota yang aktif dalam komunitas kriptografer ini dan selalu menjawab pertanyaan di forum mengenai kriptografi.

Maka tak heran jika kriptografi merupakan pondasi awal utama tempat Bitcoin berdiri sampai rame sampai sekarang ini yang banyak diburu orang. Namun menurut informasi yang Admin dapat, seseorang di balik pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto ini tidak cukup jelas mengenai dirinya dan kehidupannya.

Wikileaks berencana memanfaatkan mata uang digital ini untuk menerima sumbangan dari berbagai donatur, Tapi Satoshi memprotes rencana tersebut dengan melantangkan suara yang cukup keras dan marah, alasannya bahwa Bitcoin belum siap untuk untuk menerima perlakuan tersebut.

Proyek ini butuh tumbuh secara perlahan agar Software bisa diperkuat sambil jalan. Saya mengajukan pada Wikileaks, tolong jangan gunakan Bitcoin. Bitcoin adalah komunitas beta (percobaan) yang masih balita. Anda tak akan mendapatkan (donasi melalui bitcoin) lebih dari recehan saja, tapi dampak yang Anda bawa bisa menghancurkan kami

Semakin hari semakin diminati banyak orang, Bitcoin telah sukses menjadi mata uang digital yang di perebutkan banyak orang. Untuk itu nominal Bitcoin terhadap mata uang fisik sangatlah besar dan berpengaruh.

Dibalik itu semua, Satoshi ternyata punya pemikiran lain yaitu dengan meninggalkan mata uang yang telah dibuatnya. Tepatnya pada tanggal 12 Desember 2010, sekitar 7 hari setelah menyampaikan perdebatannya dengan Wikileaks. Banyak yang mengira bahwa Satoshi sudah tidak berkecipung di Bitcoin, karena telah menuliskan pesan terakhir di forum (belum tau nama forum tersebut). Namun dia masih terbilang rutin, walaupun jarang membalas email dari plagiat Bitcoin.

Penambang pertama Bitcoin



Awal kemunculan Gavin Andresen, seorang pengembang yang terkenal dan memiliki situs Bitcoin Faucet (mencari Bitcoin dengan cara seperti mengetik capcha, PTC, menyelesaikan survei, dll) dengan membagikan imbalan berupa 10.000 Bitcoin secara gratis. Gavin Andresen juga memimpin pengembangan Bitcoin sekaligus orang satu-satunya yang masih berkomunikasi dengan Satoshi Satoshi melalui email. Andresen menyampaikan pesan dari Satoshi tepatnya pada tanggal 26 April 2011.

Berikut pesan Satoshi kepada Andresen yang telah di simpulan oleh Andresen sendiri.

Pagi ini Satoshi menyarankan bahwa saya (Andresen), dan kita (kelompok bitcoin), harus mulai untuk tidak membesar-besarkan soal keberadaan (pendiri yang misterius) saat berbicara ke publik mengenai bitcoin.

Sang pendiri Bitcoin mengirim pesan yang ditujukan pada kelompoknya bahwa dia telah pindah untuk mengerjakan hal lainnya. Pada April 2011, setelah mengirim pesan tersebut, Nakamoto mengilang dan tiada kabar lagi. Sampai-sampai para penggiat Bitcoin pun menghubunginya namun tidak ada hasil yang diperoleh.

Istilah Khusus Mengenai Bitcoin


1. Penambangan/Mining

Mining yang dimaksud di dunia Bitcoin adalah upaya untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara memecahkan Algoritma Bitcoin (Baca penjelasan di atas kembali) sehingga para penambang ini akan mendapatkan upah berupa Bitcoin. Hampir sama seperti penambang emas,batubara dan lain-lain, cuma bedanya ini online.

2. BTC atau Satoshi

Jika mata uang fisik seperti Dollar, Rupiah dan lain-lain memiliki kode name mereka masing masing seperti Dollar (USD) Rupiah (IDR) maka Bitcoin pun memiliki kode name uang mereka. BTC merupakan kode name mata uang Bitcoin.

Untuk Satoshi sendiri merupakan satuan kecil dari mata uang digital Bitcoin. seperti Receh kalau di mata uang Rupiah.

1 Satoshi = 0.00000001 BTC.

3. Wallet

Wallet itu sama halnya dompet, tapi ini dompet khusus menampung Bitcoin. Banyak sekali website yang menyediakan jasa Wallet untuk menampung Bitcoin, contohnya di Indonesia memiliki website wallet BTC yaitu bitcoin.co.id

4. Blockchain

Blockchain merupakan Transaksi-transaksi Bitcoins kemudian dicatat dalam sebuah buku besar digital. Nah, buku besar inilah yang disebut blockchain dan berisi deretan semua transaksi bitcoin yang ada.

Perkembangan Bitcoin dari Tahun ke Tahun



Tahun 2008

Awal mula Bitcoin diciptakan dan telah di perkenalkan sebagai mata uang digital. Dengan adanya website bitcoin.org maka Bitcoin resmi di buat pada tahun 2008.

Tahun 2009

Genap 1 tahun Bitcoin menjadi mata uang digital, pertukaran Bitcoin ke Dollar US pada tahun ini sangatlah memprihatikan. Menurut bitcoinwiki, nilai pertukaran antara bulan januari sampai desember pada tahun 2009 adalah 1 Dollar USD = 1.309,03 BTC.

Tahun 2010

Bitcoin berkembang pesat di tahun 2010 dan mulai memperlihatkan keberhasilannya. Pembelian online pertama menggunakan Bitcoin. Laszlo Hanyecz  membeli pizza Papa John's seharga 10.000 koin (25 USD - Nilai Bitcoin adalah 0,0025 sen untuk 1 koin). Selain itu, modal saham Bitcoin mencapai 1 juta USD. Nilai tukar pada MtGox mencapai USD $ 0,50 per BTC.

Tahun 2011

Perkembangan Bitcoin pada tahun ini sangat meroket, bayangkan saja. Nilai tukar USD ke BTC adalah 10 USD untuk 1 koin BTC. Selama 6 hari, nilai Bitcoin ditetapkan pada 31,91 USD pada MtGox. Selain itu juga, Bitcoin mencoba untuk memuat aplikasi mobile dan ditetapkan pertama kali pada perangkat IOS.

Tahun 2012

Semakin tahun semakin maju. Wordpress pun akhirnya menerima transaksi online Bitcoin di setiap transaksi Wordpress. Organisasi Bitcoin Foundation diluncurkan untuk "mempercepat pertumbuhan global bitcoin melalui standardisasi, perlindungan, dan promosi protokol open source". Para pendiri adalah Gavin Andresen, Jon Matonis, Patrick Murck, Charlie Shrem, dan Peter Vessenes.

Tahun 2013

Meroket di tahun 2013. Nilai tukar Bitcoin melampaui 31,91 USD untuk pertama kalinya selama 601 hari terakhir. Kapitalisasi Bitcoin melampaui 1 miliar USD. Selain itu juga, Nilai tukar Bitcoin mencapai 100 USD hingga 1 BTC.

Tahun 2014

Kian Melambung, bahkan Microsoft mulai menerima bitcoin untuk membeli game Xbox dan perangkat lunak Windows.

Tahun 2015

Harga Bitcoin mencapai $ 262 USD pada tahun 2015 untuk 1 BTC saja. Sungguh menggiurkan bukan? Tahun 2015 Bitcoin emiliki startup 21 Inc. mengumumkan telah mengumpulkan 116 juta USD dalam pendanaan ventura, jumlah terbesar untuk perusahaan terkait mata uang digital.

Tahun 2016

Di tahun 2016 merupakan awal puncak Bitcoin, bahkan Kabinet Jepang mengakui mata uang virtual seperti Bitcoin sebagai alat pembayaran yang setara dengan uang sungguhan. Pasar cryptocurrency online Afrika Selatan terbesar, Bidorbuy, dibuka.

Tahun 2017

Angka penjualan Bitcoin mulai memuncak lagi dan telah mencapai 1 BTC = $5000 USD. Angka yang sangat fantastis bukan?

Tahun 2018

Jika ditahun 2017 merupakan puncak Bitcon maka di tahun 2018 merupakan turunan Bitcoin, asalnya $5000 USD menjadi $4000 USD. Namun hal ini tidak menjadi masalah bagi Bitcoin karena angka tersebut masih terbilang banyak.

Tahun 2019

Bitcoin mulai melemah sedikit demi sedikit. Bitcoin menetapkan minimum $ 3,242 USD.


Fakta Unik Mengenai Bitcoin



  1. Bitcoin diciptakan oleh sekelompok programmer misterius atas nama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.
  2. Persediaannya (supply) terbatas, hanya ada 21 juta Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia.
  3. Tidak tercantum dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah, sehingga tidak terpengaruh oleh siapapun.
  4. Tidak diproduksi atau dikontrol oleh individu, grup, maupun perusahaan.
  5. Mustahil untuk diduplikasi.
  6. Tidak memiliki bentuk fisik, sehingga tahan lama (tidak mudah hancur)
  7. Perubahan harganya murni terjadi akibat adanya supply dan demand
  8. Tersimpan dalam digital wallet
  9. Bisa dibeli mulai dari nilai terkecilnya yakni 1 Satoshi yang bernilai 0.00000001 Bitcoin

Penutup

Bitcoin sudah sukses menjadi Uang Digitl dengan nominal paling besar di dunia. Terlepas dari itu semua, pencipta Bitcoin atas nama Satoshi Nakamoto malah tidak memperdulikan lagi terhadap ciptaannya itu. Buat pembaca yang nantinya menemukan sesuatu yang dapat menggemparkan dunia maka pembaca harus mengembangkannya ya...
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.