Gmail : Surat Elektronik Online Terbesar yang Dimiliki Google

PendapatSemua - Hallo Pembaca, selamat datang kembali di website Pendapat Semua. Postingan kali ini admin akan membahas mengenai salah satu produk Google yang sudah di kenal di seluruh dunia dan menjadi produk yang sangat berpengaruh di internet.

Yap, itulah Gmail. Semuanya pasti taukan apa itu Gmail? Jika pembaca belum sepenuhnya mengerti Gmail itu apa, maka postingan ini wajib bagi pembaca untuk membacanya secara keseluruhan.

Pengertian Gmail


Gmail adalah singkatan dari Google Mail. Gmail / Google Mail merupakan layanan surat eletronik (surel) berbasis web yang disediakan oleh Google.Inc secara gratis kepada semua orang (penggunanya).

Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak orang karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu dinilai sangat tidak wajar.

Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account. Namun sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi,semua orang dapat dengan mudah membuat account gmail tanpa harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account.

Dizaman ini membuat akun Gmail merupakan sudah menjadi suatu yang penting bagi banyak orang,karena gmail merupakan surat elektronik terkemuka yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang,baik itu untuk berkomunikasi maupun untuk berbagai keperluan lainnya.

Sejarah Gmail


Gmail adalah layanan surel (surat elektronik) milik Google yang dibuat oleh Paul Buchheit pada tanggal 21 Maret 2004 dan di luncurkan pada hari yang sama. Pada fitur Gmail ini Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 ataupun IMAP4.

Gmail pertama diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta (Tahap Percobaan) pada 1 April 2004, jadi waktu itu jika pembaca belum membuat akun Gmail dan pembaca ingin membuat akun Gmail maka pembaca harus memiliki surat undangan dari seseorang yang sudah memiliki akun gmail. Sepertinya waktu itu akun Gmail hanya terbatas.

Namun sistem itu berubah pada 7 Februari 2007 yang diperuntukkan untuk publik meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Aplikasi, layanan ini sudah di sempurnakan dan tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.

Awalnya Gmail memiliki kapasitas penyimpan 1GB. Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu.

Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet.

Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux. Pada Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Lantas? Apa Fungsi Gmail sendiri?



Gmail/Google mail memiliki banyak fungsi/kegunaan bagi para penggunannya.

Fungsi gmail bagi penggunanya antara lain :

  1. Sebagai alat untuk berkomunikasi (suratmenyurat elektronik) dengan orang lain.
  2. Sebagai alat yang dibutuhkan untuk membuat akun media sosial seperti : 
    1. Facebook.
    2. Twitter.
    3. Linkedin.
    4. Instagram.
    5. Path.
    6. Dan lainnya.
  3. Sebagai alat yang dibutuhkan dalam membuat akun paypal (rekening online).
  4. Sebagai alat yang dibutuhkan dalam berbisnis online,seperti : 
    1. Membuat blog baik itu blogspot maupun wordpress. 
    2. Mendaftar di situs paid survey.
    3. Maupun untuk mendaftar di situs paid to click (PTC).


Fitur Gmail



Selain kegunaanya sebagai pengirim surat elektronik, berikut ini 10 Fitur Unggulan Gmail yang jarang dimiliki oleh situs pengirim surat elektronik lainnya.


  1. Kapasitas yang besar – dan makin besar seiring dengan berjalannya waktu.
  2. Perlindungan dari Spam 
  3. Mudah melakukan pencarian terhadap email-email Pembaca.
  4. Fasilitas chatting yang terintegrasi.
  5. Ada Iklan – tetapi tidak cukup mengganggu.
  6. Pengelompokan email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak terbatas.
  7. Lebih mudah mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan baik.
  8. Dapat diakses dengan ponsel (mobile device). 
  9. Menghemat waktu.
  10. Gratis dalam pembuatan akun.

Jika admin simpulkan dari fitur-fitur diatas maka dipastikan Gmail akan menjadi situs Surat Elektronik paling diminati banyak kalangan karena sudah jelas tujuannya serta memberikan ekspetasi yang lebih kepada penggunanya.

Perkembangan Gmail dari Tahun ke Tahun



Tahun 2004

Awal munculnya Gmail dan merupakan sebuah produk tentang surat menyurat online Google yang pertama. Kemunculan Gmail ini sudah dianggap sebagai produk yang sangat menguntungkan  dan terlihat modern

Karena pembuatan Gmail ini menggunakan sistem pemrograman AJAX pertama. Pada masa awal peluncurannya ini, Gmail hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang diundang saja, dan belum tersedia untuk umum.

Tahun 2005

Pada ulang tahunnya yang ke-1 ini, Gmail dapat dinikmati oleh semua pengguna tanpa jalur undangan. Itu artinya pada tahun inilah Gmail di buka untuk umum. Selain itu, Gmail di Tahun 2005 sudah menambah kapasitas penyimpanan yang asalnya 1GB menjadi 2GB.

Tahun 2006

Semakin meningkatnya pengguna Gmail, maka Google memiliki inisiatif untuk mengembangkan Gmail dari segi penampilan, akhirnya pada tahun inilah tampilan Gmail seperti ruangan Chatting. (Pembaca yang menggunakan Gmail tahun ini pasti tahu lah).

Tahun 2007

Tahun demi Tahun berkembang pesat, Gmail kembali menjadi pelopor provider email dengan Free IMAP untuk semua perangkat, hingga Gmail dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Tahun 2008

Setelah Android milik Google merajai Smartphone maka dari itu Gmail merilis Aplikasi androidnya yang pertama dan dipasang pada perangkat T-Mobile's G1. Selain itu, bagi Pengguna yang tidak cukup berkomunikasi dengan melalui chat atau email, Gmail juga dapat digunakan sebagai panggilan video untuk satu lawan satu dari inbok penggunanya.

Tahun 2009

Di tahun 2009 ini Gmail telah mendeklarasikan persiapannya dan telah keluar dari tahap Beta (percobaan) Serta Gmail merilis fitur baru yang dinamai "Undo Send" yang memungkinkan untuk membatalkan pengiriman surat.

Tahun 2010

Gmail hadir dengan inovasi baru, Gmail mengeluarkan fitur Priority Inbox, yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam memanagement emailnya.

Tahun 2011

Fitur baru untuk menghindari pembajakan email (Hacker) maka Gmail menambahkan 2 tahapan Verifikasi. Selain itu, desain Gmail di buat ulang dan di sempurnakan sehingga enak untuk dilihat.

Akhirnya pada tahun 2011 Aplikasi Gmail menjadi aplikasi lintas platfom dengan mengeluarkan Aplikasi Gmail Untuk pengguna iPhone dan iPad pada sistem operasi iOS.

Tahun 2012

Invoasi baru hadir di Gmail, Gmail sudah tidak menggunakan penyimpanan pada lampiran, melainkan digabungkan dengan Penyimpanan Online Drive sebesar 10GigaByte. Selain itu Gmail memperbesar penyimpanannya menjadi up to 10GB dan sudah Support dengan 57 bahasa.

Tahun 2013

Fitur multitasking hadir di tahun 2013 untuk menyambut ulang tahun Gmail yang ke-9.

Tahun 2014

Merubah Penampilan Gmail menjadi lebih elegan lagi.

Tahun 2015

Fitur terbaru Gmail di tampakkan kembali pada Tahun 2015, fitur tersebut bernama Snooze yang memungkinkan pengguna untuk tidak melihat email pada kondisi yang tidak menguntungkan.

Dengan adanya fitur tersebut, nantinya pembaca akan di ingatkan kembali bahwa pembaca pernah memiliki email yang belum terbaca.

Tahun 2016

Fitur terbaru Gmail adalah dapat menjangkau banyak orang dalam satu waktu, fitur ini sangat berguna bagi pembaca yang memiliki Grup dan akan mengirimkan banyak email ke anggota grup pembaca. Selain itu, Gmail dapat didukung beberapa akun (Pengguna Android).

Tahun 2017

Meningkatkan Penampilan serta fungsional Gmail menjadi lebih baik.

Tahun 2018

Pada tahun inilah Gmail mulai dirombak habis-habisan. Tahun 2018 ini Gmail memiliki fitur yang dapat memungkinkan pengguna untuk tidak membaca email satu per satu (Fitur otomatis baca email). Selain itu Google mencoba untuk memberikan A.I (Artificial Intelligence) di Gmail untuk memindai pengguna.

Tahun 2019

Fitur terbaru saat postingan tentang Gmail ini dibuat adalah Smart Compose yang berfungsi untuk mengingat pilihan pengguna untuk menyapa kolega tertentu, contoh "Hai Pembaca" atau lainnya. Selain itu fitur terbaru lagi adalah kemampuan Gmail untuk menjadwalkan pesan.


Fakta Unik Mengenai Gmail



  1. Dulunya Gmail bukanlah milik Google melainkan milik situs Komik Garfield.
  2. Awal kemunculan Gmail hanya untuk pengguna invited dan tidak untuk kalangan umum.
  3. Tampilan Gmail dari 2004 sampai 2014 masih terlihat sama.
  4. Hisotri Percakapan dari Gtalk akan tersimpan di Gmail.
  5. Gmail sudah mendukung lebih dari 50 bahasa di dunia.
  6. Email salah kirim bisa dibatalkan dengan fitur Undo Send.

Penutup

Pembaca tahu sendiri, produk yang dikembangkan secara tekun maka akan menghasilkan banyak penghasilan bukan? Seperti halnya Gmail. Langkah yang tepat dari perusahaan Google Inc untuk mengembangkan Gmail supaya dapat bermanfaat bagi penggunanya.


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.