Google : Search Engine terbesar di Surface Web

PendapatSemua - Hallo pembaca, sudah lama admin tidak share mengenai pendapat semua nih!! Nah kali ini admin akan share pengetahuan mengenai Google, pasti kalian semua tau google itu gunanya untuk apa dan bagaimana cara mengaksesnya bukan?? Namun kalian belum pernah mengerti bagaimana perjuangan pemilik situs google ini sampai sekarang di kenal banyak orang.

Yuk, kita simak pengertian dari google ini.

Pengertian Google


Google adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang paling terkenal melalui mesin pencarinya yang juga bernama Google. Mesin pencarian ini biasa di sebut Search Engine yang memungkinkan penggunanya untuk mencari suatu informasi yang sangat mudah, cepat dan efisien.

Google Inc. didirikan pada 7 September 1998 di ruang garasi rumah milik Larry Page di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun tersebut.

Sejarah Google



Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Pada tanggal 4 September 1998 didirikannya google, dulunya google tidak berdomain .com melainkan dulu alamat untuk mengakses google adalah www.google.stanford.edu bukan www.google.com. Namun setelah itu pada tahun 2006 Google pindah ke Mountain View, California dan mengganti domain yang asalnya stanford.edu menjadi .com.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan.

Perusahaan Google memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan Google diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 PB (Petabyte) data buatan pengguna setiap harinya.

Perkembangan Google dari Tahun ke Tahun



Tahun 1997

Perusahaan Google Inc didirikan oleh Larry Page & Sergey Brin dengan kantor utama di ruangan bagasi rumah milik Larry Page dan beropreasi pertama kalinya dengan url www.google.standford.edu.

Tahun 1998

Google pindah lokasi yang semulanya di ruangan bagasi rumah milik Larry Page ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California. Selain itu, pada tahun yang sama Google telah mengganti nama domain-nya yang semula www.google.standford.edu menjadi www.google.com

Tahun 1999

Perusahaan Google telah mendapatkan investasi besar-besaran dari Sequoia Capital dan berpindah tempat yang semulaya di kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California menjadi pindah di kantor Mountain View, California. Google juga memiliki Anjing dan Koki di perusahaan mereka pada tahun ini.

Tahun 2000

Pada tahun 2000, Google telah berkembang pesat dan sudah di kenal pengguna internet. Tahun inilah Google menggunakan jebakan April Fools yang meluncur dalam 10 bahasa baru dan menjadi penyedia pencarian default situs Serach Engine Yahoo.

Tahun 2001

2001, Google telah mengindeks lebih dari 3 miliar halaman situs dan telah mendominasi dunia internet. Hal inilah yang mendasari Google perlahan menjadi standar untuk pencarian di internet. Pada tahun yang sama, Google merekrut Eric Schmidt sebagai chairman dan kemudian CEO Google di tahun ini.

Tahun 2002

Perusahaan Google meluncurkan Google News, cabang dari Google ini awalnya hanya menyajikan 4.000 sumber berita dan berkembang sampai sekarang. Selain itu di tahun yang sama Google juga meluncurkan Google Labs yang digunakan untuk teknologi eksperimental yang dikembangkan di departemen R&D seperti pencarian yang dikendalikan oleh suara, shortcut keyboard dan toolbar browser.

Tahun 2003

Tau situs Blogging yang bernama Blogger? Pada tahun inilah Google mengakusisi Blogger yang sebelumnya dibuat oleh Pyra Labs. Google melihat potensi dari Blogger yang dinilai akan menjadi platfom yang bermanfaat bagi penggunanya. Tahun inilah terciptanya produk Google yang bernama Google Adword.

Tahun 2004

Google pada tahun ini meluncurkan produk barunya yang bernama Google Mail atau yang biasa di panggil Gmail. Selain itu, pada tahun 2004 Google juga meluncurkan produk bernama Google Adsense yang nantinya akan menjadi produk periklanan untuk disebarluaskan ke pengguna serta mitra Google. Google menciptakan Google Earth pada tahun yang sama atas kesukesannya mengakusisi KeyHole.

Tahun 2005

Google menciptakan produk barunya yang bernama Google Maps yang sebelumnya Google telah menciptakan produk Google Earth yang nantinya sangat berguna untuk melihat peta di seluruh dunia.  Selain Google Maps, Google juga menambah kembali produknya yang bernama Google Analystic. Pada tahun yang sama, Google telah mengakusisi Android menjadi platform smartphone gratis di dunia.

Tahun 2006

Tahun inilah Youtube sudah di Akusisi oleh Google Inc. Selain itu di tahun yang sama Google telah meluncurkan 2 produk barunya yaitu Google Docs dan Google Sketchup.

Tahun 2007

Awal kemunculan Browser Google Chrome yang dikembangkan oleh Google Inc, di tahun ini juga Google telah meluncurkan 2 produknya yang bernama Google Talk dan Google Voice sebagai platform untuk berhubungan/berbicara.

Tahun 2008

Tahun ini Google membeli TNC (Tatter and Company) untuk dijadukan WebBlog Software yang nantinya akan di dukung oleh Blogger.

Tahun 2009

Tahun 2009 produk-produk Google sudah berkembang pesat dan Google mencoba untuk meluncurkan produknya yang bernama Google Books yang nantinya digunakan untuk platform baca buku online.

Tahun 2010

Pada tahun ini Google mencoba mengembangkan produk-produknya supaya lebih bermanfaat kepada konsumen. Produk yang dikembangkan antara lain : Gmail, Picasa, Google Docs, Youtube, dan Android.

Tahun 2011

Google berkembang pesat dan sudah mengembangkan banyak produknya, di tahun inilah Google menoba trobosan terbaru yakni membuat platform sosial media yang harapannya dapat menyangingi Facebook dan Twitter. Produk google ini bernama Google+.

Tahun 2012

Pada saat Akusisi Android maka secara otomatis Play Store milik Google, selain itu produk di Play Store ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk mempermudah transaksi di Play Store maka pada tahun ini Google membuat produknya lagi yang bernama Google Wallet. Nantinya produk ini akan menyimpan voucher Play Store pengguna yang nantinya dapat dibelikan aplikasi berbayar di Play Store.

Di tahun yang sama Google meluncurkan produk barunya yang bernama Google Drive yang  nantinya akan digunakan untuk menyimpan data penggunanya.

Tahun 2013

Tahun 2013 merupakan tahun dimana Google mencoba untuk menjalankan proyek -semi- rahasianya yang dinamai Google X. Lokasinya berada di Mountain View, California.

Tahun 2014

Perusahaan Google di tahun 2014 sangat berkembang pesat dan banyak produk Google yang sukses di pasaran, untuk itu Google mencoba untuk membuat produk lagi bernama Google Cloud (Hampir sama seperti Google Drive).

Tahun 2015

Google Berkembang sangat pesat, terlebih produknya yang bernama Youtube sangat bermanfaat bagi penggunanya. Selain itu Konten di Youtube masih tidak terkontrol oleh Usia. Di tahun inilah inovasi terbaru Google untuk membuat produk di Youtube yang bernama Youtube for Kids.

Youtube for Kids nantinya di peruntukkan oleh anak-anak dengan diisi konten bermanfaat untuk anak-anak.


Fakta Unik Tentang Google



  1. BackRub adalah nama pertama Google.
  2. Domain pertama google adalah www.google.standford.edu.
  3. Larry Page dan Sergey Bin pernah di tolak Yahoo.
  4. Server storage pertama Google dibuat menggunakan susunan Lego.
  5. Pada tahun 1998, Google ingin "menjual diri" kepada situs bernama Excite seharga $1 juta, tetapi CEO dari Excite menolak tawaran tersebut.
  6. Google memiliki "versi terbalik" yang disebut Google Mirror atau Elgoog. Sebenarnya tidak ada bedanya dengan Google biasa, hanya saja semua tulisan dan gambar di situs Elgoog ini terbalik.
  7. Google menyewa ratusan kambing untuk membersihkan rerumputan di pekarangan.
  8. Pembaca bisa melihat-lihat permukaan planet Mars menggunakan Google Mars.
  9. Google memiliki fosil dinosaurus yang diberi nama Stan, yang terpajang di halaman gedung utama mereka. Dipajangnya fosil dinosaurus ini bertujuan sebagai motivasi bagi para karyawan Google agar terus mempertahankan keberadaan Google agar tidak punah seperti halnya para Dinosaurus.
  10. Google memilki lebih dari 70 kantor di lebih dari 40 negara.
  11. 99% pendapatan Google berasal dari iklan.
  12. Sejak tahun 2010, Google mendapat hak milik setidaknya dari satu situs dan produk setiap minggunya. Beberapa situs dan produk tersebut adalah Youtube, Blogger dan Android.
  13. Tweet pertama dari akun official Google di Twitter adalah : "I'm 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010". Jika diterjemahkan, kode ini memiliki arti "I'm feeling lucky".
  14. Google Translate dapat menterjemahkan lebih dari 80 bahasa.
  15. Pada tahun 2006, Google masuk dalam Oxford English Dictionary sebagai sebuah kata kerja baru.
  16. Google menyediakan makan siang gratis untuk para karyawannya. Google juga memproduksi sendiri cemilan untuk para karyawannya. Cemilan tersebut diberi nama Swedish Fish. Cemilan tersebut berupa sebungkus permen kunyah berbentuk ikan.
  17. Slogan tak resmi milik Google adalah "Don't be evil"
  18. Pada awal terbentuknya, Google hanya dapat memproses 30-50 halaman per detiknya. Sekarang Google mampu memproses jutaan halaman per detiknya.
  19. Pegawai laki-laki Google yang meninggal akan mendapat jaminan kematian berupa uang gaji mereka selama 10 tahun yang akan diberikan kepada keluarga mereka.
  20. Pada tanggal 16 Agustus tahun 2013, sistem pencarian Google mati selama lima menit. Walaupun hanya tidak aktif selama lima menit, nyatanya pada saat itu tingkat penggunaan internet secara global menurun hingga 40%.

Itulah beberapa fakta unik mengenai Google Inc.

Penutup

Seperti itulah kurang lebihnya perusahaan Google Inc. Jika di postingan ini ada beberapa kalimat yang kurang atau informasi yang kurang silahkan pembaca memberikan komentarnya. Admin akan sangat terbantu dengan komentar pembaca. Akhir kata, Selamat membaca.


Produk Primer Produk Sekunder
[success title="Google Mail (Gmail)" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Books" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Drive" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Trends" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Adword" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Docs" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Adsense" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Hangout" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Maps" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google URl Shortener" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Blogger" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Admob" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Youtube" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Earth" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Webmaster Tool" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Group" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Analystic" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Books" icon="check-circle"] Active. [/success]
[error title="Google +" icon="exclamation-circle"] Not Active [/error] [success title="Google Suite" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Play" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Suite" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Play Store" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Scholar" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Translate" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="Google Recipe View" icon="check-circle"] Active. [/success]
[success title="Google Chrome" icon="check-circle"] Active. [/success] [success title="reCAPTCHA" icon="check-circle"] Active. [/success]
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.