Google Drive : Produk Cloud Storage Milik Google

PendapatSemua - Hallo pembaca, masih di postingan dengan kategori yang sama yaitu Produk Google. Di postingan kali ini admin akan menjelaskan secara lengkap mengenai produk Google yang bernama Google Drive ini.

Perkembangan teknologi dan informasi di internet memberikan dampak yang sangat besar bagi pengguna internet maupun penyedia internet, terlebih bagi perusahaan Google Incyang telah membuat penyelesaian akan masalah media penyimpan. Seperti yang pembaca tahu bahwa media penyimpanan merupakan komponen penting dalam sebuah sistem informasi, namun media penyimpanan yang ada sebelumnya masih mempunyai kekurangan diantaranya kapasitas yang terbatas.

Bagi pembaca yang ingin melanjutkan artikel ini dan ingin lebih tahu mengenai Google Drive silahkan dilanjutkan, sekedar untuk menambah wawasan pembaca. Admin mulai dari pengertian Google Drive.

Pengertian Google Drive



Google Drive merupakan produk Google yang digunakan untuk penyimpanan awan data online (Cloud Storage) yang dikembangkan secara terus-menerus oleh Google. Google Drive pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 April 2012.

Layanan Google Drive sebenarnya merupakan Extensi Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive pertama kali diluncurkan sudah memberikan Storage sebesar 15GB kepada penggguna.

Itulah yang mendasari mengapa Google Drive mampu menyaingi Cloud Storage lainnya dengan cepat saat pertama kali diluncurkan, dengan kapasitas yang lumayan besar itu sangat menguntungkan bagi penggunanya serta meningkatkan kualitas produk Google tersebut.

Sejarah Google Drive



Google Drive diluncurkan pertama kali pada tanggal 24 April 2012 dan telah di kembangkan oleh Google sejak awal peluncurannya. Google Inc mencoba untuk membuat terobosan terbaru yang dapat bermanfaat bagi penggunanya tentang hal media penyimpanan. Dengan dunia teknologi yang berkembang pesat ini Google mencoba untuk membuat inovasi mengenai Media Penyimpanan yang diminati pengguna internet.

Awalnya Google Drive merupakan bagian dari Google Docs yang digunakan untuk menyimpan dokumen, namun Google Docs tidak bisa memberikan ruang kapasitas penyimpanan yang cukup, hanya untuk sekedar menyimpan dokumen saja.

Selain dokumen, pengguna juga menyimpan berbagai koleksi file-nya. Itulah awal kemunculan Google Drive untuk menyelesaikan masalah pengguna internet tentang Cloud Storage. Google Drive selain dapat menyimpan File juga dapat mensinkronsasi file-file pengguna.

Setelah berkembang pesat dan diminati banyak pengguna sebagai Media Penyimpanan, seiring berjalannya waktu Google Drive mencoba untuk membuat Aplikasi Mobile-nya yang saat itu hanya tersedia di Android (Produk Google) saja. Namun lama kelamaan Google Drive mulai tersedia untuk platfom IOS.

Sampai saat ini Google Drive masih beroprasi dan di kembangkan lagi oleh Perusahaan Google Inc.

Fitur Google Drive



  1. Media Penyimpanan 15GB yang sangat menguntungkan bagi Pengguna.
  2. Dapat Preview File, dengan fitur Preview File maka pengguna dapat melihat gambaran mengenai File tersebut.
  3. Google Drive memiliki fitur Office Web Online, jadi pengguna dapat membuat dokumen seperti Word, Excel ataupun Presentasi dengan mudah.
  4. Fitur History Dokumen ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang telah merivisi dokumen atau filenya.
  5. Google Drive sudah terintregrasi dengan aplikasi pihak ke 3, contohnya adalah Pixlr dan lain-lain.
  6. Fitur Sinkronisasi File yang sangat menguntungkan bagi pengguna.
  7. Google Drive dapat juga berbagi file dan menempelkan file di Website. Contohnya seperti website download yang menempelkan link google drive.
  8. Data yang disimpan di Google Drive aman dan dapat dibuka kapan saja dimana saja hanya dengan memiliki akun Google.
  9. Fitur yang menguntungkan adalah Google Drive dapat membuka jenis file apa saja termasuk file Corel,Photoshop,PSD dan lain-lain.

Perkembangan Google Drive dari Tahun ke Tahun


Tahun 2012

Awal kemunculan Google Drive sudah di sambut hangan bagi pengguna internet, terlebih dengan kapasitas penyimpanan yang awalnya 5GB sudah sangat besar bagi pengguna.

Tahun 2013

Di ulang tahun ke-1, Google Drive mencoba membuat tampilannya supaya lebih bagus, ditahun 2013 ini sedikit informasi mengenai perubahan Google Drive. Fitur ditahun 2013 tidak diperlihatkan secara jelas.

Tahun 2014

Sedikit Informasi mengenai perubahan Google Drive di tahun 2014, Google mencoba untuk merombak kembali tampilan Google Drive di tahun ini.

Tahun 2015

Fitur Sinkronisasi Google Drive sudah tersedia sejak awal kemunculannya namun versi terbarunya di perbaru pada tahun 2015 serta Google Drive sudah menambahkan fitur Office Web Online pada tahun ini.

Tahun 2016

Di tahun 2016 Google Drive mencoba untuk mengembangkan Aplikasi Androidnya dan akhirnya di tahun tersebut Google Drive dapat dijalankan di Android versi 4.0 yaitu Sandwitch Ice Cream dan versi seterusnya.

Tahun 2017

Fitur Sinkronisasi di update kembali dnn Google Drive mendapatkan fitur baru yaitu Backup yang dapat memungkinkan pengguna untuk menyimpan filenya jika sewaktu-waktu file tersebut sudah rusak atau expired.

Tahun 2018

Perubahan tampilan Google Drive dan Google Drive mengembangkan produknya menjadi Aplikasi Desktop, ini memungkinkan untuk menyangi produk OneDrive yang telah dimiliki oleh Microsoft lebih dahulu.

Tahun 2019

Google berupaya untuk mengembangkan tampilan Google Drive agar lebih Smooth dan mudah di gunakan oleh Pengguna. Tercatat di tahun 2019 ini menurut website Tek.ID bahwa Google Drive telah memiliki 1 Miliyar pengguna aktif diseluruh dunia.

Fakta Unik Tentang Google Drive



  1. Filter Pencarian, jadi pengguna dapat memfilter pencarian file yang telah disediakan oleh Google Drive.
  2. File Google Drive ternyata dapat dibackup di Smartphone loh.
  3. Backup dan Sync sangat bermanfaat bagi pengguna komersial.
  4. Google Drive awalnya cuma menyediakan 5GB namun sekarang sudah 15GB (Pengguna Gratis).
  5. Google Drive dapat di Up to 5TB dengan tambahan biaya yang tidak sedikit.
  6. Google Drive dapat digunakan untuk membuka file Desain seperti corel ataupaun photoshop
  7. Kecepatan download server Google Drive terbilang cukup cepat karena up to 100mbps.


Penutup

Media penyimapan favorit pembaca apa nih? Kalo Admin memilih Google Drive karena aman dan nyaman aja untuk dipakai, apalagi penyimpanannya 15GB hanya untuk 1 akun. Bayangkan saja, pembaca dapat buat 10 akun Google dan otomatis mendapatkan akun Google Drive.

Bisa dibayangkan 1 akun = 15GB maka jika dikalikan bisa menjadi?? Hitung sendiri ya pembaca hehe.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Admin Pendapat Semua

{picture#http://2.bp.blogspot.com/-P0xZktDkndI/VrgLQP9ftCI/AAAAAAAAAzw/JyqOS4oGAqM/s1600/a.jpg} Hope you like my post and thank you for visiting this website. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.